15-June-2020

Mizan Amanah Luncurkan "Desa Tangguh Covid-19" di Cilacap

Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Mizan Amanah luncurkan “Desa Tangguh Covid-19”, di Desa Ujung Gagak, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, (12/6). 


Apa itu “Desa Tangguh Covid-19”? Direktur Laznas Mizan Amanah, Budi Suhendar menjelaskan, bahwa peluncuran Desa Tangguh Covid-19 ini merupakan rentetan atau lanjutan dari program khusus Siaga Covid-19 yang sudah berlangsung sejak Maret 2020. 

Sejak munculnya wabah corona ke Indonesia sekitar empat bulan lalu, lanjut Budi, Mizan Amanah langsung membentuk tim Siaga Covid-19 guna membantu masyarakat serta pemerintah dalam penanggulangan virus tersebut. 

“Sebagai komitmen Mizan Amanah dalam berkontribusi membantu pemerintah dan masyarakat Indonesia,” jelasnya. 


Adapun tujuan program “Desa Tangguh Covid-19” sendiri yaitu dalam rangka menyempurnakan upaya penanggulangan penyebaran dari virus tersebut. Sehingga apa yang dilakukan dalam penanggulan penyeraban virus sebelumnya bisa dilakukan berkesinambungan, sebagai bentuk kewaspadaan. 

“Desa Ujung Gagak sendiri yang dijadikan model percontohan Desa Tangguh Covid-19 ini. Mudah-mudahan ini bisa menjadi contoh buat desa yang lainnya di Indonesia. Karena kita harus terus waspada dengan segala hal yang tidak diinginkan, khususnya penyebaran wabah virus ini,” paparnya. 


Bentuk penanggulangan penyebaran virus corona lewat program “Desa Tangguh Covid-19” ini sendiri dilakukan dengan menyalirkan bantuan peralatan dan bahan pencegahan virus. Seperti puluhan tempat cuci tangan besereta sabunnya, ratusan masker yang dibagikan ke seluruh masyarakat desa. 

Lalu penyedian alat penyemprotan disinfektan untuk penyemprotan menyeluruh dan berkala ke rumah warga serta fasilitas umum, termasuk di dalamnya ada pembagian puluhan hand sanitizer. Ditambah juga penyebaran bener ajakan untuk menjaga hidup sehat dan selalu waspada terhadap penyebaran virus. 


“Dan banyak lagi penyaluran lainnya yang memang dibutuhkan masyarakat dalam rangka penanggulangan penyebaran covid-19 ini,” sebut Budi. 

Peresmian “Desa Tangguh Covid-19” sendiri dihadiri para tokoh masyarakat, aparatur desa, aparatur pemerintah Kecamatan Kampung Laut, unsur kepolisian dan TNI. 

“Kami sangat berterima kasih kepada Mizan Amanah yang telah mendukung sekaligus memberikan bantuan kepada masyarakat di desa kami dalam penanganan covid-19 ini. Semoga desa ini bisa menjadi percontohan yang baik bagi desa lainnya,” ungkap Kepala Desa Ujung Gagak, Juwandi. (*) 


Komentar