15-June-2020

Mizan Amanah Launching Kampung Zakat di Pesisir Pantai Cilacap Jawa Tengah

Pada 12 Juni 2020, Lembaga Mizan Amanah melaksanakan peresmian atau launching program Kampung Zakat di Desa Ujung Gagak, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. 

Kegiatan ini dilakukan oleh Direktur Laznas Mizan Amanah, Budi Suhendar beserta para tokoh masyarakat dan aparatur pemerintahan setempat. Juga disaksikan masyarakat di sekitar kampung yang berada di pesisir pantai Cilacap ini. 


Menurut Budi Suhendar, pelaksanaan kegiatan Kampung Zakat di Desa Ujung Gagak ini merupakan program lanjutan Mizan Amanah yang sudah dilaksanakan di bebera tempat sebelumnya. Seperti di daerah Kalimantan Selatan, dan lainnya. 

Desa Ujung Gagak sendiri dipilih menjadi program Kampung Zakat karena memiliki banyak potensi, namun kemampuan masyarakat di kampung tersebut belum bisa mengembangkannya kerena banyak hal dengan keterbatasannya. 


Misalnya dari sisi ekonomi, masyarakat sekitar Desa Ujung Gagak yang mayoritas menjadi petani, penderas, dan peternak ini banyak yang merasa kesulitan dalam mengembangkan usaha mereka karena terlalu banyak kendala, terutama dalam modal dan ilmu pengembangan ekonomi.

“Kendala paling besar di sini yaitu air tawar untuk pengairan sawah. Sehingga panen pun di kampung ini hanya satu tahun sekali,” tutur Uhle, (63), seorang petani di Kampung Ciberem, Desa Ujung Gagak ini. 


Pun di bidang lainnya yang memang memerlukan bantuan dan dorongan dalam pengembangannya, sehingga masyarakat Desa Ujung Gagak ini bisa lebih baik dalam keseharian kehidupan mereka.

Mizan Amanah hadir membantu masyarakat yang ada di Desa Ujung Gagak ini untuk membantu mengembangkan tatanan hidup yang lebih baik ke depannya. Paling tidak bisa meringankan kendala yang mereka alami selama bertahun-tahun lamanya hidup di pesisir pantai. 


Untuk mengawali program Kampung Zakat ini, Mizan Amanah menyalurkan berbagai kebutuhan masyarakat di Desa Ujung Gagak. Di antaranya pembagian sembako, alat kesehatan, alat sekolah untuk anak-anak yatim dan dhuafa. Juga menyalurkan santunan dan kebutuhan para dai (pengajar ngaji) di kampung tersebut.  

Termasuk berbagai santunan yang diberikan kepada para lansia, janda dhuafa, duda dhuafa, para petani, penderes, dan para nelayan. 


“Kami mengucapkan terima kasih kepada para donatur Mizan Amanah yang telah membantu masyarakat di Desa Ujung Gagak ini. Saya berharap bantuan program ini bisa terus berlanjut untuk membantu kehidupan di sini,” tutur Ust. Khodirun, salah seorang tokoh di Desa Ujung Gagak ini. (*) 


 


Komentar