15-January-2020

KIAT AGAR TETAP SEHAT

Agama Islam merupakan agama yang sempurna. Di dalamnya, telah diatur berbagai hal tentang kehidupan, mulai dari urusan aqidah, akhlak, muamalah, ibadah, termasuk kesehatan. 

Menjaga kesehatan merupakan salah satu anjuran dalam agama Islam. Hal ini dimaksudkan agar setiap manusia memiliki fisik yang kuat.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu , beliau berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah Azza wa Jalla daripada Mukmin yang lemah. (HR Muslim)

Fisik yang kuat dan sehat diperlukan agar ibadah yang kita lakukan menjadi lebih optimal. Maka, usaha kita untuk membuat badan sehat sejatinya adalah agar bisa melakukan ibadah, menjalankan ketaatan dan berbagai kebaikan dengan sebaik mungkin.

Berikut ada beberapa konsep menjaga kesehatan jasmani dalam pandangan Islam:

1. Menjaga Thoharoh

Menjaga thoharoh artinya menjaga kesucian dan kebersihan dari semua aspek mulai dari sekujur badan, makanan, pakaian, tempat tinggal maupun lingkungan.

Dari ‘Ali ra., dari Nabi SAW, beliau berkata, “Kunci shalat adalah bersuci,” (HR. Ibnu Majah, al-Turmudzi, Ahmad, dan al-Darimi).

Dari Abu Malik, Al Harits bin Al Asy’ari ra, ia berkata telah bersabda Rasulullah SAW : ‘Suci itu sebagian dari iman. (Muslim)

2. Menjaga Makanan

Islam selalu menekankan agar setiap orang memakan makanan yang baik dan halal, baik secara dzatnya maupun secara mendapatkannya.

Allah SWT berfirman,

“Dan makanlah makanan yang halal lagi baik (thayib) dari apa yang telah dirizkikan kepadamu dan bertaqwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya” (Q.S. Al Maidah : 88).

“Wahai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syetan; karena sesungguhnya syetan itu adalah musuh yang nyata bagimu” (Q.S Al Baqarah : 168).

3. Rajin Berolahraga

Olahraga bertujuan untuk menjadikan manusia sehat dan kuat. Dalam Islam, sehat dipandang sebagai nikmat kedua terbaik setelah Iman. Selain itu, banyak ibadah dalam Islam juga membutuhkan tubuh yang kuat seperti shalat, puasa, haji, dan juga jihad. 

Ada 3 jenis olahraga yang dianjurkan Rasulullah SAW yang dianggap sebagai sumber dari semua jenis olahraga yang ada pada zaman sekarang. Ketiganya, mengandung aspek kesehatan, keterampilan, kecermatan, sportivitas, dan kompetisi. Ketiga jenis olahraga tersebut adalah berenang, memanah dan berkuda.

“Ajarkan putera-puteramu berenang dan memanah.” (HR. Ath-Thahawi)

“Lemparkanlah panahmu itu, saya bersama kamu.” (HR. Bukhari)

“Kamu harus belajar memanah karena memanah itu termasuk sebaik-baik permainanmu.” (HR. Bazzar, dan Thabarani)

“Lemparkanlah (panah) dan tunggangilah (kuda).” (HR Muslim)

Itulah beberapa konsep menjaga kesehatan jasmani dalam Islam. Semoga kita bisa memulai hidup sehat dengan mengikuti sunnah-sunnah Rasulullah SAW dan konsisten melakukannya, agar senantiasa menjadi muslim yang kuat dan dicintai oleh Allah SWT. Aamiin yaa robbal alamin.

Update Lainnya

Featured Icon 1

Cegah Corona dengan Desinfektan

Dalam rangka pencegah pen

Featured Icon 1

PENYALURAN ZAKAT UNTUK LANSIA

Alhamdulillah pada kesemp

Featured Icon 1

BAKSOS PENDIDIKAN YATIM & DHUAFA

Alhamdulillah di kesempat

Featured Icon 1

KIAT AGAR TETAP SEHAT

Agama Islam merupakan aga

Komentar