Donasi Online, Berbuat Baik di Era Digital
31-December-2020

Donasi Online, Berbuat Baik di Era Digital

Berbuat baik adalah kosakata yang sudah sejak lama kita kenal. Berbuat baik itu banyak ragamnya. Segala sesuatu yang bisa memberikan kebaikan dan manfaat untuk orang lain adalah perbuatan baik. Bahkan, menyingkirkan batu dan duri dari jalanan pun sudah dihitung sebagai suatu kebaikan. Dan tentu saja ada ganjaran pahalanya.

Dalam Islam, berbuat baik adalah kewajiban. Sebab, Islam sendiri hadir sebagai agama yang rahmat. Rasulullah di utus ke dunia ini sebagai penyempurna akhlak. “Sesungguhnya, aku diutus untuk menyempurnakan keshalihan akhlak,” kata Rasulullah (HR Al Baihaqi). Salah satu perbuatan baik yang sangat disukai Allah adalah saling membantu satu sama lain, misalnya dengan berdonasi, atau di era digital ini dikenal istilah donasi online.

Berdonasi, baik donasi langsung maupun donasi online, dalam ajaran Islam disebut juga dengan istilah infaq. Yaitu, perbuatan menafkahkan harta di jalan yang diridhai Allah SWT untuk kemaslahatan dan kebaikan bersama. Berdonasi maupun berinfak bertujuan untuk memberikan kemaslahatan dan kebaikan kepada saudara kita yang membutuhkan. Sehingga, bisa meringankan beban sesama manusia.

Infaq mengandung pengertian mengeluarkan sebagian harta untuk kepentingan yang memiliki kemaslahatan (QS Ali Imran 104). Tentu saja, seorang Muslim yang memiliki kemampuan, selain diwajibkan membayar zakat fitrah dan zakat mal, juga dianjurkan sekali untuk berdonasi. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, di mana berdonasi bukanlah lagi sesuatu yang sulit.

Begitu banyak platform dan lembaga zakat yang menyediakan layanan donasi online. Penggalangan bantuan, mulai dari bantuan untuk korban bencana, pembangunan masjid, pembangunan fasilitas umum, bantuan untuk pengobatan, dan sebagainya kini bisa disalurkan secara mudah dan praktis lewat donasi online.


Manfaat Donasi Online di Masa Pandemi

Sebelum kamu memutuskan untuk melakukan donasi online, pasti kau ingin dibuat yakin dong kenapa harus donasinya online kalau bisa donasi tatap muka (offline). Nah, dengan membaca sub bab ini, harapannya kamu bisa mulai merubah kebiasaan go digital, termasuk donasi online. Berikut manfaat donasi online yang akan kamu dapatkan;

  1. Donasi Online Bisa Menjangkau Lebih Banyak Orang yang Membutuhkan Donasimu

Di internet, ada banyak platform crowdfunding atau website penggalang dana yang punya tujuan untuk menyalurkan donasimu pada orang-orang yang membutuhkan seperti korban bencana alam, orang sakit, penyandang disabilitas, biaya Pendidikan anak-anak kurang mampu, bahkan donasi online juga bisa disalurkan untuk membangun rumah para tunawisma. Sekali donasi online, ada banyak orang yang terbantu oleh bantuanmu. 

  1. Donasi Online Lebih Aman Ketimbang Donasi Tatap Muka di Masa Pandemi

Sudah sejak maret 2020, kita dihadapkan dengan situasi yang tidak diduga-duga kedatangannya, ya; pandemi. Biasanya kamu bisa berkunjung ke lembaga yang menerima donasi tiap bulan, kini, selama pandemi kamu tidak bisa melakukannya lagi. Maka dari itu, kamu harus beradaptasi dengan keadaan yang ada seperti merubah kebiasaan dari donasi tatap muka ke donasi online. Dengan begitu, kamu tetap bisa berbuat baik tanpa harus khawatir akan tertular dengan virus corona.

Donasi online adalah salah satu cara kita untuk berbuat baik di era digital ini. Di saat yang lain bermain gadget untuk sekadar mengintip media sosial atau belanja di platform e-commerce, bukankah lebih baik bila kita memanfaatkan smartphone kita untuk melakukan donasi online? Mudah, praktis, dan bisa memberikan manfaat serta kemaslahatan.


Berdonasi Mudah dan Praktis

Donasi online adalah salah satu dari sekian banyak program Mizan Amanah yang memudahkan kita membantu sesama. Donasi online Mizan Amanah, selain menjadi platform donasi secara online yang bisa diakses melalui smartphone, juga memudahkan kita untuk menggalang dana untuk membantu sesama, membantu saudara kita yang tengah dilanda kesulitan.

Kemudahan lainnya, dengan sistem donasi online dan kampanye penggalangan dana secara online ini, para donatur pun bisa dengan mudah dan praktis menyalurkan bantuannya. Hanya dengan klik tombol “Bantu Donasi Sekarang”, lalu memasukkan jumlah donasi yang diinginkan, mengisi data diri, kemudian pilih cara pembayaran yang ingin dilakukan. Apakah via mobile banking, ATM, atau dompet digital.

Kemudahan donasi online Mizan Amanah yang membuat kita bisa berbagi kebahagiaan. Meskipun tak saling jumpa antara donatur dengan orang yang diberi donasi, itu bukanlah masalah. Bukankah ada anjuran bahwa ketika tangan kanan memberi, tangan kiri jangan sampai tahu?


Mengajak Orang Lain Berdonasi

Donasi adalah salah satu amal saleh yang penting untuk dilakukan setiap umat Muslim. Donasi online Mizan Amanah bisa kita manfaatkan untuk menggalang dana untuk berbagai keperluan. Mulai dari bantuan kemanusiaan untuk orang dhuafa, pembangunan masjid, urunan kegiatan kemanusiaan, patungan untuk membantu para ustaz dan guru yang kesulitan, urunan untuk korban bencana, urunan untuk perawatan rumah sakit, dan sebagainya. 

Donasi online juga memiliki cakupan dan jangkauan yang lebih luas dibandingkan donasi offline. Caranya pun sangat mudah untuk membuat kampanye donasi online di Mizan Amanah. Pertama-tama, kita hanya perlu mendaftarkan akun dengan e-mail dan beberapa biodata pribadi. Setelah itu, kita bisa membuat kampanye donasi online untuk penggalangan dana yang kita rencanakan.

Kita pun bisa dengan mudah menyebarkan tautan kampanye donasi online tersebut lewat media sosial ataupun aplikasi percakapan. Jadi, dengan adanya donasi online Mizan Amanah, selain bisa turut berdonasi membantu sesama, kita juga bisa menjadi penggerak dengan mengajak orang lain untuk ikut serta berdonasi.

Komentar

CS

Mizan Amanah

+6282112409497

Istiqomah Nurbaeti

+6289507922733

Shalsabilla

+628990697691

Kiki Julianti

+628111873334