Zakat Akhir Tahun

Zakat Akhir Tahun

28 February 2022 (Batas Waktu)


Donasi Sekarang

Assalamu’alaikum\nWr. Wb.


 

Tak\nterasa kita sudah berada dipenghujung tahun 2020, lembaran baru akan kita ukir\ndi tahun 2021. Sebagai seorang muslim tentu kita harus senantiasa mensyukuri\nnikmat yang Allah berikan selama ini. Salah satu wujud syukur kita kepada Allah\nadalah dengan cara mengeluarkan zakat atas harta yang kita miliki.

 

Setiap muslim yang mampu\nsecara ekonomi wajib menyisihkan sebagian harta yang mereka milliki untuk\ndiberikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya. Hukumnya adalah wajib\nbila mampu secara finansial dan telah mencapai batas minimal bayar zakat atau\nnisab.

 

Di setiap\npenghujung tahun, kita memiliki kewajiban untuk menunaikan zakat akhir tahun.\nZakat ini kita keluarkan atas harta yang telah kita miliki atau telah diusahakan\nselama 1 tahun.

 

Pada zaman dulu hitungan\nsatu haul mengacu kepada tahun Hijriah karena umat Islam terbiasa dengan\nperhitungan tahun hijriah. Biasanya mereka akan memilih di antara bulan-bulan\nHijriah karena tidak harus di bulan Muharram, Rabi’ul Awal, Rajab, Sya’ban atau\nRamadhan karena zakat wajib ditunaikan pada saat harta tersebut telah berlalu\nsatu tahun dan sampai nishab. Artinya, kalau dimulainya Ramadhan, berarti nanti\nmembayar zakatnya pada bulan Ramadhan, jika bulan Muharram berarti juga bulan\nMuharram.

 

Akan tetapi, di zaman\nmodern sekarang orang lebih familiar menggunakan tahun Masehi, sebagian ulama\nberpendapat tidak masalah jika dalam penghitungannya mengacu pada tahun Masehi.\nMaka, ketika seseorang sudah memiliki harta lebih dari setahun dan mengikuti\ntahun Masehi maka dia harus berzakat.

 

Singkatnya, zakat akhir\ntahun merupakan zakat yang dikeluarkan setiap akhir tahun masehi maupun\nhijriah, zakat ini meliputi harta berupa emas atau perak, saham, investasi, tabungan,\nharta dari usaha perdagangan, usaha perdagangan hewan ternak atau perusahaan\nyang sudah dimiliki atau berjalan selama 1 tahun (haulnya 1 tahun).

 

Perintah\nmengeluarkan zakat juga berdasarkan dari Firman Allah SWT dalam Alquran:

 

خُذْ مِنْ\nأَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا\nوَصَلِّ عَلَيْهِمْ إِنَّ\nصَلاتَكَ سَكَنٌ لَهُمْ\nوَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

 

Ambillah\nzakat dari harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah\nuntuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi\nmereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui. (QS. At-Taubah Ayat 103).

 


Adapun ketentuan-ketentuan yang harus terpenuhi\nberupa syarat bagi harta yang dizakatkan dan syarat untuk muzakkinya. Diantara\nsyarat untuk muzakkinya (orang yang berzakat) adalah sebagai berikut :

    \n
  1. Beragama Islam
  2. \n
  3. Merdeka
  4. \n
  5. Baligh dan berakal
  6. \n
  7. Harta yang dizakatkan adalah milik pribadi
  8. \n
  9. Harta yang dizakatkan sudah mencapai nishab
  10. \n

Dari syarat-syarat diatas, berlaku untuk orang yang\nakan berzakat. Apabila ada salah satu syarat yang tidak terpenuhi maka tidak\nwajib mengeluarkan zakat atas hartanya. Sedangkan untuk harta yang dizakatkan\nwajib memenuhi syarat-syarat berikut :

    \n
  1. Milik penuh, harta yang dizakatkan wajib\n sepenuhnya dimiliki oleh muzakki.
  2. \n
  3. Berkembang, maksudnya harta tersebut memiliki\n potensi berkembang bila diusahakan
  4. \n
  5. Mencapai Nisab, yakni harta tersebut sudah mencapai\n ukuran/jumlah tertentu sesuai dengan ketetapan. ( senilai 85 gram emas)
  6. \n
  7. Lebih dari kebutuhan pokok
  8. \n
  9. Bebas dari hutang, apabila harta yang\n dizakatkan telah mencapai nishab tapi muzakki masih memiliki hutang yang\n apabila dikonversikan akan mengurangi harta yang dizakatkan maka tidak\n wajib menzakatkan harta melainkan untuk membayar hutang terlebih dahulu.
  10. \n
  11. Mencapai Haul, kepemilikan harta yang\n dizakatkan sudah mencapai haul atau genap satu tahun dalam hitungan\n hijriyah.
  12. \n

Dari syarat-syarat diatas,\napabila sudah terpenuhi semua sudah wajib hukumnya untuk mengeluarkan zakat.\nZakat yang dikeluarkan sebesar 2,5% dari total harta yang kita miliki apabila\nsudah mencapai nishabnya.


Sahabat\nDermawan, yuk raih keberkahan di penguhujung tahun 2020 dengan menunaikan zakat di akhir tahun.


\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n

Wassalamu’alaikum Wr.\nWb.





Donatur


Info Terbaru


Tidak Ada Info Terbaru

Mari berbagi informasi yang insha Allah bermanfaat kepada rekan dan saudara kita. Semoga menjadi amal soleh yang membawa keberkahan untuk anda. klik tombol share di bawah ini.

CS

Mizan Amanah

+6282112409497

Istiqomah Nurbaeti

+6289507922733

Shalsabilla

+628990697691

Kiki Julianti

+628111873334