Ludes Dilahap si Jago Merah, Yuk! Patungan Bangun Lagi Rumah Mak Uka

Ludes Dilahap si Jago Merah, Yuk! Patungan Bangun Lagi Rumah Mak Uka

(Tanpa Batas Waktu)


Donasi Sekarang

Musibah besar menimpa Mak Uka (68 thn). Nenek yang hidup sebatangkara ini harus kehilangan tempat tinggalnya karena dilahap si jago merah, pada 17 November 2020. 


Tempat tinggal Mak Uka berada di Kampung Sukamaju Timur, RT/RW 02/03, Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. 


Bukan hanya tempat tinggal, semua isi perabotan yang ada di rumah nenek ini ludes terbakar. Hanya meninggalkan abu dan batang-batang kayu sisa reruntuhan kebarakaran. 

”Sampai sekarang saya masih tidak percaya. Saya sangat sedih,” ungkap Mak Uka.


Ketika terjadi kebakaran, Mak Uka sedang tidak tidur di rumahnya yang sederhana tersebut, ia sedang tidur di rumah anaknya yang cukup jauh dari tempat Mak Uka. Kebakaran terjadi sekitar pukul 02.30 WIB dini hari. 

Mak Uka ini hidup sebatangkara sudah hampir tiga tahun. Dan ia memilih untuk tinggal di rumah yang dulu ia hidup bersama sang suami. Sedangkan suaminya sudah meninggal dunia sekitar tiga tahun lalu. 


Rumah Mak Uka yang terbakar tersebut posisinya memang cukup jauh dari pemukiman warga lainnya, sekitar 500 meter. Di tempat tersebut Mak Uka hidup sendirian. Melakukan aktivitas sendiri dan mencari makan sekadar mengganjal perutnya sendiri. 


Mak Uka memiliki empat anak yang sudah berkeluarga semuanya. Tapi kebanyakan anak-anak Mak Uka tinggalnya jauh dari kampung yang ditempati Mak Uka. Hanya ada satu anak yang cukup dekat dengan Mak Uka. Itu pun kehidupannya sangat sederhana. 


Mak Uka memilih hidup sendiri di rumah yang terbakar itu. Ia tak mau menyusahkan dan membebani anak-anaknya. Terlebih Mak Uka mempunyai banyak kenangan indah selama hidup bersama suaminya di tempat tinggal tersebut, sehingga Mak Uka sangat sulit meninggalkan tempat tersebut meski pun sudah reyot dan tak layak. 


Takdir Allah Swt, rumah penuh kenangan tersebut kini sudah rata dengan tanah. Tak ada satu pun isi peralatan rumah yang bisa dimiliki oleh Mak Uka. Kini hanya tinggal kenangan. 

“Sekarang saya sudah tidak punya apa-apa. Tidak ada barang yang bisa diselamatkan. Hanya beberapa piring saja yang terlihat selamat, itu pun pecah. Sedih sekali,” tutur Mak Uka sembari meneteskan air matanya.

#SahabatDermawan, Mak Uka berharap tempat tinggalnya yang terbakar habis tersebut bisa dibangun kembali. Tidak muluk-muluk, terpenting bisa layak huni, bisa berteduh dari panasnya matahari, dan berteduh dari hujan. Mak Uka pun bisa kembali menjalani aktivitas di masa tuanya dengan baik. 

#SahabatDermawan, yuk patungan buat membangun tempat tinggal Mak Uka. Dalam bentuk apa pun. Bisa berdonasi, juga bisa langsung dengan alat bangunan yang dibutuhkan. Jazakallah khoir.  

1.  Klik "Donasi Sekarang"
2. Pilih metode pembayaran: 
GoPay, Virtual Account, Transfer Bank, Kartu Debit atau Kredit 
3. Dapat laporan via email

Dan sahabat bisa membantu share ke rekan atau saudara Anda.

Donatur


Info Terbaru


Tidak Ada Info Terbaru

Mari berbagi informasi yang insha Allah bermanfaat kepada rekan dan saudara kita. Semoga menjadi amal soleh yang membawa keberkahan untuk anda. klik tombol share di bawah ini.

CS

Mizan Amanah

+6282112409497

Istiqomah Nurbaeti

+6289507922733

Hanifah Marila

+6285780342178

Mida Munawaroh

+628111873334

Ayu

+628985816893