Dikhawatirkan Banjir Bandang Lagi, Mari Bantu Berdonasi Untuk Pembuatan Bronjong

Dikhawatirkan Banjir Bandang Lagi, Mari Bantu Berdonasi Untuk Pembuatan Bronjong

(Tanpa Batas Waktu)


Donasi Sekarang

Banyak fasiltias umum yang rusak berat dan tak bisa diselamatkan lagi di daerah Cicurug, Sukabumi. Itu diakibatkan bencana banjir bandang menerjang yang begitu dahsyat, (21/10).


Di antara fasilitas umum yang rusak parah yaitu bronjong atau tanggul yang ada di pinggir sepanjang sungai. Seperti diketahui bahwa banjir bandang yang melanda Cicurug, Sukabumi lalu, terjadi dari sungai yang mengalir di pinggiran pemukiman warga. 

Saking dahsyatnya arus banjir, bronjong yang dipasang warga sebelumnya panjangnya sekitar 2 km ini nyaris hancur seluruhnya. 


Seperti diketahui juga, fungsi bronjong di antaranya yaitu melindungi dan memperkuat struktur tanah di sekitar tebing agar tidak terjadi longsor, tepi sungai, dan tepi tanggul. Bronjong juga bisa digunakan sebagai pembentuk bendungan untuk meningkatkan volume air sungai.


“Bronjong yang ada ini semua hampir hancur semua pak. Hampir dua kilo meter sepanjang sungai yang terjadi banjir bandang kemarin,” tutur Abah Farid, sesepuh Kampung Bantar, Desa Cidahu. 


So, kalau bronjong yang hancur ini tidak segera diperbaiki, dikhawatirkan bakal mengakibatkan luapan air dari sungai yang lebih dahsyat lagi ketika terjadi hujan atau longsor di hulu sungai. 

“Karena siapa tahu kan kalau terjadi banjir lagi, tapi mudah-mudahan tidak terjadi lagi,” harapnya. 


Hari ini warga setempat sudah memulai memperbaiki bronjong yang hancur tersebut. Hanya bahan yang dibutuhkan masih sangat minim. 

Perbaikan bronjong yang dilakukan sekitar dua kilo meter tersebut membutuhkan bahan yang tidak sedikit. Paling tidak butuh bahan seperti batu, kawat baja, besi, dan lain sebagainya yang banyak. 

#SahabatDermawan yuk kita berdonasi untuk meringankan beban mereka, warga yang tertimpa musibah banjir bandang tersebut. In syaa Allah pahala berlipat dengan sedekah yang didonasikan buat mereka. 

Donatur


Info Terbaru


Tidak Ada Info Terbaru

Mari berbagi informasi yang insha Allah bermanfaat kepada rekan dan saudara kita. Semoga menjadi amal soleh yang membawa keberkahan untuk anda. klik tombol share di bawah ini.

CS

Mizan Amanah

+6282112409497

Istiqomah Nurbaeti

+6289507922733

Shalsabilla

+628990697691

Kiki Julianti

+628111873334

Ayu

+628985816893