Lunasi Hutang Puasa dengan Membayar Fidyah

Lunasi Hutang Puasa dengan Membayar Fidyah

31 December 2024 (Batas Waktu)


Donasi Sekarang

Allah swt mewajibkan setiap muslim untuk melaksanakan puasa di bulan Ramadhan. Sayangnya tidak semua muslim mampu untuk melaksanakan perintah tersebut karena adanya halangan atau udzur, maka untuk dapat menggantinya dikenal istilah qadha dan fidyah.

Secara sederhana, arti dari qadha adalah mengganti hutang puasa dengan puasa, sedangkan fidyah mengganti hutang puasa dengan memberi makan orang miskin atau anak-anak yatim.

“Dan wajib bagi orang yang berat menjalankannya (puasa) membayar fidyah, yaitu memberi makan orang miskin.” (QS. Al-Baqarah: 184)

fidyah untuk warga yang membutuhkan

Berikut adalah beberapa kondisi seseorang wajib membayar fidyah karena memiliki udzur tidak berpuasa di bulan Ramadhan:

1. Orang yang sakit dan secara umum ditetapkan sulit untuk sembuh lagi,

2. Orang tua atau lemah yang sudah tidak kuat lagi berpuasa,

3. Wanita yang hamil dan menyusui apabila ketika puasa mengkhawatirkan kondisi anak yang dikandung atau disusuinya.


Sedangkan ukuran untuk membayar fidyah adalah satu mud (makanan pokok) untuk satu hari. 1 mud = 675 gram atau cukup untuk mencukupi kebutuhan makan dalam sehari. Maka apabila seseorang tidak berpuasa selama 10 hari maka ia harus membayar sebanyak 10 mud, dengan contoh perhitungan:

Tata Cara Membayar Fidyah

(Jumlah hari tidak berpuasa) x (harga 675 gram beras) = jumlah fidyah yang harus dibayarkan. Misalnya:

10 x 15.000 = 150.000

fidyah untuk anak yatim

Sahabat yuk salurkan fidyah nya sebelum Ramadhan melalui Mizan Amanah, karena Mizan Amanah akan menyalurkan fidyah untuk orang-orang miskin, kurang mampu, keluarga pra-sejahtera dan anak-anak yatim seperti Aldi, yang sejak kecil ia hanya tinggal bersama adik dan dirawat oleh ibunya.

fidyah untuk mereka yang membutuhkan

Karena sang Ibu harus bekerja untuk menggantikan sang Ayah untuk menghidupi keluarga kecilnya dari pagi buta hingga malam hari, seringkali Aldi dan adiknya menahan lapar menunggu sang Ibunda pulang.

fidyah anda menolong anak yatim

Kurangnya perhatian dan kasih sayang menyebabkan Aldi di usianya saat ini masih kurang lancar untuk berbicara atau berkomunikasi dengan teman-temannya. Meski begitu Alhamdulillah masih ada orang tua asuh dari Mizan Amanah yaitu Abi Yana yang mau untuk mengulurkan tangannya merawat dan mengjarkan Aldi dan Adiknya untuk berbicara, belajar, mengaji dan menghafal Alquran.

fidyah anda membantu anak yatim terus belajar

Alhamdulillah kini Aldi dan adiknya tak lagi sendiri kekurangan perhatian juga kasih sayang. Karena mereka saat ini berada di panti asuhan Mizan Amanah bersama Abi Yana dan teman-teman barunya yang insya Allah telah terjamin makan, pendidikan dan kesehatannya.

dengan fidyah bisa membelikan anak yatim pakaian

menolong anak yatim makan makanan yang bergizi dengan membayar fidyah

Fidyah Sahabat juga akan kami sebar untuk 10.000 penerima manfaat dari mulai anak-anak yatim yang tersebar diseluruh Indonesia.

memberi makan kepada yang membutuhkan dengan membayar fidyah

Yuk tunaikan Fidyah sahabat dengan cara: 

(1) Klik "DONASI SEKARANG" 

(2) Masukkan nominal donasi 

(3) Pilih Metode Pembayaran (GOPAY, Transfer Bank, Virtual Account, Kartu Kredit) 

(4) Segera transfer sesuai nominal jika menggunakan Transfer bank & Virtual Account 

Sahabat tidak hanya dapat membantu dengan berdonasi, tetapi juga dapat mengingatkan dengan menyebarkan halaman galang dana ini ke teman, sahabat, keluarga terdekat agar semakin banyak orang yang teringatkan untuk menunaikan Fidyah bagi yang tidak mampu membayar hutang puasa. Semoga Allah balas segala kebaikan Sahabat Dermawan! 

Donatur


Info Terbaru


Tidak Ada Info Terbaru

Mari berbagi informasi yang insha Allah bermanfaat kepada rekan dan saudara kita. Semoga menjadi amal soleh yang membawa keberkahan untuk anda. klik tombol share di bawah ini.

CS

Mizan Amanah

+6282112409497

Tika

+6285161188940

Shifa

+6285161194105