Ayah Rela Menyelami Selokan Demi Nafkahi Keluarga

Ayah Rela Menyelami Selokan Demi Nafkahi Keluarga

31 May 2022 (Batas Waktu)


Donasi Sekarang

Teruntuk semua pemilik bahu terlapang, tulang punggung terkuat, dan pelindung terkokoh, Ayah. Kami persembahkan penggalangan dana ini sebagai bantuan atas perjuanganmu selama ini.

Inilah lika-liku perjuangan seorang kepala rumah tangga demi menghidupi keluarganya. Pak Deny Kurniawan namanya, dahulu ia berangkat ke Jakarta dari rumahnya di Bogor menjadi tukang becak. Demi bisa menghidupi istri, mertua, dan 3 orang anaknya.

Setiap harinya ia gunakan seluruh tenaga dan keringatnya untuk mengayuh becak demi mendapatkan seorang penumpang, terus pak Deny lakukan di hari-harinya mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Terkadang itupun belum cukup untuk membiayai seluruh keluarganya. 


Sebelum pandemi datang sehari Pak Deny bisa mendapat Rp40.000,- kini nominal seakan menjadi angan-angan semata. Penghasilannya menurun drastis, kini ia hanya bisa mendapat Rp15.000,-/hari. “Kalau dulu bisa dapat 40 ribu sehari nggak pernah lebih. Kalau sekarang 15 ribu aja juga udah alhamdulillah per hari,” katanya.


Kini ia tinggal seorang diri di Perumahan Pondok Indah, Kota Bekasi, Jawa Barat. Demi memenuhi kehidupan kelurganya. Semenjak ia kewalahan untuk mencari penumpang di saat pandemi, berbagai cara mulai Pak Deny lakukan untuk mendapatkan penghasilan lain selain dari becak. Ia pernah bagian semprot disinfektan di daerah tinggalnya hingga menjadi pembersih gorong-gorong solokan rumah warga. Itu semua ia lakukan demi menyambung kehidupannya di kota dan membiayai kelurganya.


Bermula dari informasi salah seorang pemilik rumah yang mencari pembersih gorong-gorong dengan bayaran murah, kemudian bertemulah dengan Pak Deny dan 3 orang temannya. Mereka sama-sama membutuhkan pekerjaan di masa pandemi ini. Bayarannya pun tak seberapa dengan risiko yang dihadapi Pak Deny dan teman-temannya. “Yaudah bu seikhlasnya aja yang penting bisa buat makan kami,” kata Pak Deny pada pemilik rumah.

Mereka pun dibayar Rp100.000/orang, dengan harga yang terbilang murah untuk risiko menyelami selokan yang hitam pekat. Tak jarang ia bertemu ular, cacing besar, kelabang dan tikus got. Melihat hasil yang sangat memuaskan, mulai lah pak Deny dan kawan-kawan dipercaya untuk membersihkan beberapa gorong-gorong rumah-rumah lainnya.


Namun pekerjaan tersebut tak selalu ada setiap harinya. Selain itu Pak Deny dan kawan-kawannya masih kekurangan alat untuk mengerjakan pekerjaan tersebut. Alhasil upah mereka harus dibagi lagi untuk membeli karung sampah, menyewa mobil pengangkut sampah, serta membayar sampah yang ia buang ketempat penampungan sampah. Tentu saja upah tersebut seharusnya bisa dipakai untuk membeli vitamin demi menjaga imun tubuhnya. 

Setiap bulannya ia harus memberi uang jajan, belanjaan dll untuk anak istri serta mertuanya. Pak Deny berharap ingin bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan yang cukup untuk kehidupan kelurga mereka di masa pandemi ini terkhususnya.





#SahabatDermawan, kisah Pak Deny mungkin hanya salah satu dari sekian banyak kisah orang-orang yang kesulitan di masa pandemi. Melihat ini apa kita masih tega untuk tak acuh membiarkan saudara kita kesulitan? Yuk bantu perjuangan Pak Deny dan pejuang nafkah keluarga lainnya untuk bisa bertahan di masa pandemi ini dengan cara:

(1) Klik "DONASI SEKARANG"

(2) Masukkan nominal donasi

(3) Pilih Metode Pembayaran (GOPAY, Transfer Bank, Virtual Account, Kartu Kredit)

(4) Segera transfer sesuai nominal jika menggunakan Transfer bank & Virtual Account

#Sahabat Dermawan tidak hanya dapat membantu dengan berdonasi, tetapi juga dapat membantu dengan menyebarkan halaman galang dana ini ke teman, sahabat dan keluarga dekat #SahabatDermawan agar semakin banyak orang yang tahu informasi ini.

Semoga Allah SWT membalas segala kebaikan #SahabatDermawan

Donatur


Info Terbaru


Tidak Ada Info Terbaru

Mari berbagi informasi yang insha Allah bermanfaat kepada rekan dan saudara kita. Semoga menjadi amal soleh yang membawa keberkahan untuk anda. klik tombol share di bawah ini.

CS

Mizan Amanah

+6282112409497

Tika

+6285161188940

Shifa

+6285161194105