Bantu Para Nelayan di Pesisir Pantai Hidup Lebih Layak

Bantu Para Nelayan di Pesisir Pantai Hidup Lebih Layak

(Tanpa Batas Waktu)


Donasi Sekarang

Di Indonesia terdapat ratusan bahkan ribuan pula-pulau. Terhampar pula lautan besar beserta sungai-sungai besar di sampingnya. Maka tak sedikit masyarakat tanah air yang menggantungkan kehidupannya sebagai nelayan, baik di lautan maupun di sungai besar. 


Namun sayang, keadaan masyarakat nelayan di Indonesia masih banyak yang mengkhawatirkan. Kelayakan hidup kesehariannya masih banyak yang perlu dibantu. 

Padahal jasa para nelayan itu sangat besar. Karena jasa merekalah kita hari ini dapat mengkonsumsi ikan dengan berbagai jenis penuh gizi tentunya. 

Bukan tanpa sebab memang, para nelayan tersebut harus dihadapkan dengan banyak kendala yang di luar kendali mereka. Seperti harga ikan yang tidak menentu, bahkan tak jarang harga jualnya sangat murah. 

Belum lagi soal cuaca, mereka tak bisa berbuat banyak kalau sedang dihadapkan dengan cuaca yang tidak bersahabat. Sehingga pendapatan ikan yang dari sungai atau pun laut pun kurang maksimal. Hal tersebut tentunya berpengaruh pada penghasilan untuk memenuhi kebutuhan keseharian. 


Di antara sekian banyak nelayan yang masih perlu uluran tangan yaitu para nelayan yang berada di pesisir pantai Cilacap, Jawa Tengah. 

Pak Sariman Efendi misalnya, ia seorang nelayan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap yang sudah 20 tahun mencari nafkah untuk kehidupan kesehariannya dan keluarga. Ia mengaku banyak kendala yang dihadapi sebagai nelayan di pesisir pantai sehingga penghasilannya tidak maksimal. 

Seperti halnya perahu yang harus selalu dalam kondisi baik. Karena bagi para nelayan perahu merupakan modal pokok untuk mencari ikan. Dan risikonya nyawa. Ketika perahu tersebut berlayar dalam kondisi tidak fit. 


“Saya kan tidak sekolah tinggi dan hidup di pesisir pantai di sini, jadi suka tidak suka saya harus mencari rezeki sebagai nelayan,” tutur Pak Sariman. 

Menjadi seorang nelayan memang bukan sebuah pilihan. Risiko yang dihadapi bukan main-main. Bahkan nyawa menjadi taruhan mereka ketika berlayar mencari ikan di tengah lautan. Apalagi risiko yang dihadapi tak sebanding dengan penghasilan yang didapat. 

Tapi bagi mereka yang hidup di pesisir pantai mau tidak mau harus menghadapi kenyataan itu dengan kuat dan penuh keikhlasan. Demi menyambung hidup dan berharap menjalani kehidupan lebih baik. 


“Kalau dapat tangkapan ikan, alhamdulillah keluarga bisa makan. Tapi kalau tidak dapat, ya itu kita harus mencari makan untuk keluarga di rumah,” ungkap Pak Sariman sembari berkaca-kaca matanya. 

Sahabat dermawan, mari kita bantu saudara-saudara kita para nelayan yang berjibaku mengais rezeki di tengah risiko bentangan lautan. Tentunya agar mereka bisa hidup layak dan lebih baik lagi. 

Donasi yang Anda kirimkan lewat Mizan Amanah, akan kami salurkan kepada para nelayan yang ada berbagai pesisir pantai di negeri ini.


1.  Klik "Donasi Sekarang"
2. Pilih metode pembayaran: 
GoPay, Virtual Account, Transfer Bank, Kartu Debit atau Kredit 
3. Dapat laporan via email

Dan sahabat bisa membantu share ke rekan atau saudara Anda.


Donatur


Info Terbaru


Tidak Ada Info Terbaru

Mari berbagi informasi yang insha Allah bermanfaat kepada rekan dan saudara kita. Semoga menjadi amal soleh yang membawa keberkahan untuk anda. klik tombol share di bawah ini.

CS

mida Munawaroh

+6289507922733

ina

+628990697691

Mayang Ayu

+628985816893

Makmuri

+6282127338640

Safaryanti Nuraini

+6281223208715

Febriyanti Rahmat Sutisna

+62895610180905

Hanifah Marlia

+6285780342178

Reva 1

+6283894313326

Reva 2

+62811843338

Sarah Sophia Nurbaeti

+62

CS Rindi

+62