SAWAH UNTUK KEBUTUHAN MAKAN SANTRI YATIM PENGHAFAL ALQURAN

31 January 2021 (Batas Waktu)


Donasi Sekarang

ADA satu program unggulan Pesantren Al-Kamil Islamic Boarding School pondoknya anak-anak yatim dan dhuafa, yakni kemandirian. Bahwa lulusan pesantren binaan Laznas Mizan Amanah yang berlokasi di Kabupaten Cianjur ini, harus mandiri.




Artinya, jebolan pesantren yang beralamatkan di Jalan Raya Bandung-Cianjur No 53, RT 03/03, Desa Hegarmanah, Kecamatan Sukaluyu, Kabupaten Cianjur ini harus memiliki skill berkualitas sebagai bekal hidup masa depan mereka.

 

Praktis semua program serta kurikulum yang diselenggaran di pesantren yatim tersebut harus memiliki proses kemandirian. Target output dari semua program adalah memandirikan peserta didik dalam segala hal. Sehingga berdayaguna setelah lulus nantinya.

 

Termasuk dalam masalah pangan alias makan. Anak-anak di Pesantren Al-Kamil IBS ini harus mengetahui ilmu sandang sebelum mereka makan. Bahkan targetnya harus menguasai proses bagaimana penanaman padi, pengolahan nasi, sampai tersaji untuk disantap.




Program unggulan ini belum bisa dilakukan, karena beberapa hal. Di antaranya Pesantren Al-Kamil IBS belum memiliki lahan sawah yang cukup. Dibutuhkan minimalnya sekitar 1 hektar sawah untuk memenuhi kebutuhan pangan di pesantren ini. Rasio 500 santri yang sekarang menginap di lokasi, membutuhkan sekitar 1 ton beras perbulannya.

 

Pesantren ini membutuhkan lahan sawah yang luas untuk memenuhi kebutuhan pangan yang ada. Dan terlaksananya program unggulan kemandirian santri ke depannya.

 

Kami Laznas Mizan Amanah mengajak para sahabat dermawan untuk membantu mewujudkan program unggulan demi terwujudnya generasi yang mandiri ke depannya. Yakni dengan patungan berwakaf pembelian sawah. Wakaf ini in syaa Allah akan produktif, karena menjadi kebutuhan pokok di pesantren.




Wakaf sendiri merupakan sedekah jariayah. Yakni menyedekahkan harta kita untuk kepentingan umat. Harta wakaf tidak boleh berkurang nilainya, tidak boleh dijual dan tidak boleh diwariskan. Karena wakaf pada hakikatnya adalah menyerahkan kepemilikan harta manusia menjadi milik Allah Swt atas nama umat.

 

Hikmah Wakaf

1.      Menghilangkan sifat tamak dan kikir atas harta yang dimiliki

2.      Menanamkan kesadaran bahwa disetiap  harta benda yang dimiliki masih ada hak untuk orang lain dari harta tersebut sebagaimana halnya dengan zakat

3.      Sebagai bekal bagi kehidupan di akhirat

4.      Menopang dan menggerakan kehidupan sosial umat Islam di bidang ekonomi, pendidikan, dan bidang lainnya

 

 

Manfaat Wakaf

1.      Pahala yang terus menerus mengalir

2.      Menumbuhkan jiwa sosial yang tinggi

3.      Membantu orang lain yang kesulitan

4.      Menyadarkan harta benda yang dimiliki bersifat tidak kekal

  

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan dan doa anak shalih.” (HR. Muslim)



Donatur


Info Terbaru


Tidak Ada Info Terbaru

Mari berbagi informasi yang insha Allah bermanfaat kepada rekan dan saudara kita. Semoga menjadi amal soleh yang membawa keberkahan untuk anda. klik tombol share di bawah ini.