26-November-2019

Wakaf Produktif

Wakaf produktif merupakan sebuah bentuk pengelolaan donasi wakaf dari umat yang digunakan dengan cara memproduktifkan donasi tersebut. Donasi dibuat menjadi produktif, dengan cara mengelolanya dalam kegiatan produksi. Dan hasil dari pengelolaannya nanti akan disalurkan kepada masyarakat sesuai dengan tujuan wakaf. 

Wakaf produktif terbagi dalam beberapa bentuk, diantaranya:

1. Wakaf Pangan

Wakaf pangan merupakan wakaf yang dikelola untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, contohnya:

a. Wakaf Lahan Pertanian

Wakaf lahan pertanian dilakukan dengan mengelola lahan yang ada untuk menghasilkan produk pertanian yang berkualitas dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

b. Wakaf Hewan Ternak

Wakaf hewan ternak dilakukan dengan cara pemeliharaan dan pembiakan hewan ternak. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan daging dan hasil ternak lainnya untuk masyarakat.

c. Wakaf Sarana Air

Wakaf sarana air dilakukan dengan cara membangun sumber air di daerah-daerah yang kesulitan mendapatkan air bersih dan nantinya digunakan untuk memenuhi kebutuhan orang-orang yang membutuhkan.

2. Wakaf Ekonomi

Wakaf ekonomi merupakan wakaf yang dikelola untuk memberikan manfaat untuk memajukan perekonomian masyarakat, contohnya:

a. Wakaf Retail

Wakaf retail merupakan wakaf yang pengelolaannya fokus di bidang bisnis dan perdagangan. Hasil dan keuntungan dari bisnis yang dilakukan, akan dimanfaatkan untuk masyarakat.

b. Wakaf Saham

Wakaf saham merupakan wakaf yang dilakukan dengan cara memberikan saham kepada nazhir atau lembaga pengelola wakaf. Saham ini nantinya dikelola secara optimal hingga hasilnya bisa dirasakan langsung oleh penerima wakaf.

3. Wakaf Pendidikan

Wakaf pendidikan merupakan wakaf yang dikelola untuk kepentingan pendidikan. Wakaf pendidikan ini bisa dilakukan dengan cara menyalurkan dana wakaf untuk turut membantu memberikan sarana pendidikan, khususnya di daerah-daerah terpencil yang tidak memiliki sarana pendidikan yang memadai. Tujuannya yakni untuk memberikan pendidikan layak bagi semua anak di seluruh daerah.

Sarana pendidikan tidak hanya sebatas tempat belajar atau bangunan sekolah, tetapi juga hal lain yang ikut menunjang kegiatan belajar dan mengajar, seperti bangku, alat tulis, dan buku pelajaran. Selain sekolah formal, pembangunan tempat ibadah juga perlu dilakukan untuk memberikan pendidikan agama yang baik bagi semua siswa nantinya.

4. Wakaf Kesehatan

Wakaf kesehatan merupakan wakaf yang dikelola untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal kesehatan. Penerapan wakaf ini biasanya dilakukan dengan cara membangun rumah sakit atau klinik, termasuk penyediaan alat-alat kesehatan seperti obat-obatan dan ambulans. Sarana kesehatan seperti rumah sakit juga bisa dikelola secara komersial yang keuntungannya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Misalnya, keuntungan yang diperoleh dari pengelolaan rumah sakit yang nantinya digunakan untuk penyuluhan kesehatan gratis atau untuk membiayai pengobatan orang-orang yang kurang mampu.

Dari pembahasan di atas, kita bisa mengetahui bahwa ada banyak contoh wakaf produktif yang bisa dilakukan oleh semua orang. Apapun harta benda yang kita miliki, berwakaf adalah pilihan yang tepat untuk menyalurkan titipan Allah ini. Selain bermanfaat bagi umat, insyaAllah diri kita juga akan mendapatkan ganjaran pahala yang sangat besar dari Allah SWT.

Mari salurkan wakaf anda melalui Yayasan Mizan Amanah!

BCA: 139 300 0001

Mandiri: 128 000 623 5151

Mandiri Syariah: 727 575 7572

Update Lainnya

Featured Icon 1

Wakaf Produktif

Wakaf produktif merupakan

Featured Icon 1

GEMAR BERINFAQ

Infaq merupakan salah sat

Featured Icon 1

BERBAGI SEJAK DINI

Sahabat dermawan, sudahka

Featured Icon 1

CARA NABI MENASEHATI BUAH HATI

Memberi petuah atau naseh

Featured Icon 1

ZAKAT MAAL

Zakat maal merupakan zaka

Komentar

Quick Contact 👋

Get in Touch with Us

Thank You for Contact Us! Our Team will contact you asap on your email Address.